Posted by : tiwi Minggu, 07 April 2013


Nekomata merupakan salah satu jenis Bakeneko (hantu kucing) yang berarti "kucing berekor dua." Menurut urban legend di Jepang, konon ketika kucing memasuki usia 11 tahun dan beratnya mencapai 1 kan (sekitar 8 pound), perlahan ekornya akan terbelah menjadi 2, bersamaan dengan itu mendadak memiliki kemampuan sihir dan dan nujum. Saat itu disebut “Nekomata.”

Nekomata cenderung meneror hanya kepada orang yang pernah menyiksanya. kedatangannya lebih bertujuan mengemban misi balas dendam. Ia bisa melalukan hal yang lebih sadis dari yang pernah diperbuat majikannya, bahkan mampu memakan sang majikan hidup-hidup.

Tercatat dalam buku diary bernama "Meigetsuki" yang ditulis pada abad ke-13 oleh seorang bangsawan Kyoto, pernah terjadi seekor Nekomata datang menghabisi 7-8 manusia dalam 1 malam. Jika orang yang dituju sudah mninggal dunia, Nekomata akan menghantui keturunan maupun kerabat sang majikan. Yang paling ditakuti dari Nekomata adalah kemampuannya mengendalikan orang mati. Hanya dengan menggerakkan ekor dan melangkahi si jenazah, Nekomata bisa membangkitkan jasad tersebut menjadi seperti 'hidup' dan ia mainkan seperti boneka. Karena itulah, muncul mitos bahwa sangat dilarang membiarkan kucing berada di dekat jenazah.

Nekomata bisa berubah wujud menjadi apa saja. Mulai dari kucing biasa, bola api arwah atau bahkan berubah menjadi wanita lengkap dengan Kimono (namun tetap tidak bisa menyembunyikan ekornya).

Nekomata betina cenderung menampakan diri sebagai wanita tua dengan perawakan yang buruk dan menebar bau tak sedap. Jika baunya terhirup dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan penyakit maupun wabah.

Nekomata memiliki kebiasaan yang unik, yaitu suka menjilati lampu minyak. Nekomata yang populer dan diyakini benar-benar ada konon tinggal di daerah Nabeshimahan. Menurut rumor, di sana hidup seekor Nekomata berekor 7 dan menjadi Nekomata terkuat se-Jepang

Salah satu Nekomata dalam anime dan manga Kirara (Inuyasha) dan manga Shaman King roh Hao Asakura 1000 tahun yang lalu merupakan Nekomata bernama Matamune.


Cara mendeteksi Nekomata
Nekomata memiliki ciri khas yang membedakannya dengan kucing lainnya, antara lain :
1. Tampak memiliki 2 ekor
2. Kadang berjalan dengan 2 kaki
3. Suka menjilati minyak lampu
4. Lapar dan beringas jika mencium darah manusia
5. Walaupun wujudnya kucing, Nekomata memiliki tubuh yang lebih besar
6. Tiba-tiba bisa berbicara bahasa manusia
7. Tampak tengah menari di ruang tamu

Sumber : Animonster 2009

*KIKIO


Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2013 KATA KATA BIJAK TOKOH ANIME - Hentai Ouji - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -